CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Jumat, 09 November 2012

VB.6

Variabel di Visual Basic

Apa yang dimaksud dengan Variabel? Variabel adalah sebuah lokasi tempat penyimpanan yang mempunyai nama dan berisi data yang dapat dimodifikasi selama program dieksekusi.
Di Visual Basic 6, Anda dapat menggunakan variabel jika ingin menyimpan suatu nilai secara sementara selama program sedang dijalankan. Nilai tersebut tersimpan di dalam memory komputer yang menjalankan program tadi. Variabel memiliki nama (kata yang Anda gunakan untuk mengacu kepada nilai variabel) dan sebuah tipe data (yang menentukan jenis data variabel dapat disimpan).


Anda dapat membayangkan bahwa sebuah variabel sebagai tempat penyimpan di memory untuk sebuah nilai yang tidak diketahui. Sebagai contoh, bayangkanlah Anda sedang membuat sebuah program untuk toko penjual buah-buahan dan ingin melacak penjualan buah apel. Anda tidak mengetahui harga dari sebuah apel atau jumlah yang sudah terjual sampai penjualan yang sebenarnya benar-benar terjadi. Anda dapat menggunakan dua variabel untuk menampung nilai yang tidak diketahui — misalkan kita beri nama kedua variabel tadi sebagai ApplePrice untuk mewakili harga sebuah apel, dan ApplesSold untuk mewakili data jumlah apel yang terjual.
Setiap kali program dijalankan, maka pengguna dapat memberikan nilai untuk kedua variabel tadi. Untuk menghitung total penjualan dan menampilkannya ke sebuah kontrol Textbox yang bernama txtSales, maka kode Anda menjadi seperti ini:
txtSales.Text = ApplePrice * ApplesSold
Ekspresi tersebut mengembalikan sebuah nilai total yang berbeda setiap kali dieksekusi, tergantung pada nilai yang dimasukkan oleh pengguna ke dalam variabel tersebut. Variabel ini memungkinkan Anda untuk membuat sebuah perhitungan tanpa harus mengetahui secara lebih detail masukan apa yang sebenarnya telah diberikan oleh pengguna.
Dalam contoh ini, tipe data ApplePrice adalah Currency; sedangkan tipe data ApplesSold adalah Integer. Variabel dapat mewakili banyak nilai lainnya, seperti: nilai teks, tanggal, berbagai tipe data angka, bahkan object sekalipun.

Menyimpan dan Mengambil Data di Variabel
Anda dapat menggunakan pernyataan penugasan (assignment) untuk melakukan perhitungan dan menugaskan hasil ke sebuah variabel:
ApplesSold = 10   ' Nilai 10 dilewatkan ke variabelApplesSold = ApplesSold + 1   ' Nilai variabel bertambah satu' ...
Perlu diingat, bahwa tanda sama dengan pada contoh kode di atas adalah sebuah operator penugasan, dan bukan sebuah operator persamaan; nilai (10) ditugaskan ke variabel yang bernama ApplesSold.

Mendeklarasikan Variabel
Mendeklarasikan sebuah variabel berarti mengatakan ke program tentang adanya variabel tersebut. Anda mendeklarasikan sebuah variabel dengan menggunakan pernyataan Dim, diikuti dengan sebuah nama variabel yang bertalian.

Perhatikanlah bentuk/format pendeklarasian berikut:
Dim namavariabel [As type]
Jika variabel dideklarasikan dengan pernyataan Dim di dalam sebuah prosedur, maka variabel tersebut hanya ada selama prosedur tersebut dieksekusi. Ketika prosedur tersebut telah selesai dieksekusi, maka nilai variabel tadi akan hilang. Selain itu, nilai dari sebuah variabel di dalam sebuah prosedur bersifat lokal hanya untuk prosedur tersebut — dan oleh karena itu, Anda tidak dapat mengakses sebuah variabel yang terdapat di dalam suatu prosedur dari prosedur lainnya. Karakteristik ini membolehkan Anda untuk menggunakan nama variabel yang sama di dalam prosedur yang berbeda tanpa harus khawatir terjadi konflik antara yang satu dengan yang lain.
Berikut ini yang harus Anda ketahui mengenai penamaan suatu variabel:
  1. Harus diawali dengan karakter huruf.
  2. Tidak dapat mengandung karakter tipe deklarasi atau periode yang ditempelkan.
  3. Tidak boleh lebih dari 255 karakter.
  4. Harus bersifat unik di dalam ruang lingkup yang sama, di mana asal variabel dapat direferensikan — sebuah prosedur, form, dan sebagainya.
Klausa As type bersifat tidak wajib di dalam pernyataan Dim sehingga membolehkan Anda untuk menetapkan tipe data atau tipe object dari variabel yang Anda deklarasikan. Tipe data menentukan jenis tipe informasi variabel disimpan. Beberapa contoh tipe data variabel adalah: String, Integer, dan Currency. Variabel juga dapat mengandung object yang berasal dari Visual Basic atau aplikasi lainnya. Contoh tipe object Visual Basic, atau class, adalah Object, Form1, dan TextBox.
Catatan: Tipe data akan kita bahas lebih lanjut di artikel lainnya.
Ada beberapa cara untuk mendeklarasikan variabel:
  1. Mendeklarasikan sebuah variabel di bagian Deklarasi atau paling atas dari sebuah form, module standar (.bas) atau class module (.cls), daripada di dalam sebuah prosedur, membuat variabel tersebut tersedia untuk semua prosedur di modul tadi.
  2. Mendeklarasikan sebuah variabel dengan menggunakan kata kunci Public membuat variabel tersebut tersedia di seluruh bagian aplikasi Anda.
  3. Mendeklarasikan sebuah variabel lokal dengan menggunakan kata kunci Static berarti menyediakan nilainya tetap ada, bahkan sampai ketika prosedur tersebut selesai dieksekusi.
Catatan: Mengenai usia dan ruang lingkup atau level variabel, akan kita bahas lebih detail pada artikel lainnya.
Deklarasi Implicit
Anda tidah harus mendeklarasikan sebuah variabel sebelum menggunakannya. Sebagai contoh, Anda dapat membuat sebuah function di mana Anda tidak perlu mendeklarasikan variabel TempVal sebelum menggunakannya:
Function SafeSqr(num)
   TempVal = Abs(num)  'TempVal bisa tanpa dideklarasikan terlebih dulu   SafeSqr = Sqr(TempVal)
End Function
Visual Basic secara otomatis membuat sebuah variabel dengan nama tersebut, yang dapat Anda gunakan sama seperti jika Anda telah mendeklarasikannya secara eksplisit. Meskipun cara ini membuat Anda lebih nyaman saat membuat program, namun hal ini justru dapat menimbulkan galat di kode Anda jika Anda salah menuliskan nama varaibel. Sebagai contoh, misalkan Anda membuat function seperti berikut:
Function SafeSqr(num)
   TempVal = Abs(num)
   SafeSqr = Sqr(TemVal) '<-- salah ketik variabel TemValEnd Function
Sepintas, function di atas kelihatan sama dengan function yang sebelumnya. Tapi, kalau Anda amati lebih teliti lagi, variabel TempVal mengalami salah ketik pada baris berikutnya menjadi TemVal. Oleh karenanya, function ini justru akan mengembalikan nilai nol. Artinya, hasil akhir function justru tidak sesuai dengan hasil yang diharapkan. Ketika Visual Basic menemukan nama variabel baru, maka dia tidak dapat menentukan apakah Anda benar-benar bermaksud mendeklarasikan secara implisit sebuah variabel baru, ataukah Anda salah dalam mengetikkan nama variabel yang sebelumnya sudah ada, sehingga hal ini mengakibatkan pembuatan variabel baru dengan nama TemVal.
Deklarasi Explicit
Untuk menghindari masalah kesalahan dalam pemberian nama variabel, Anda dapat memerintahkan Visual Basic untuk selalu mengingatkan Anda ketika sebuah nama variabel belum dideklarasikan secara eksplisit sebagai sebuah variabel.
Untuk menyatakan pendeklarasian variabel secara eksplisit:
  1. Tempatkan pernyataan berikut di bagian Deklarasi atau bagian paling atas dari class, form, atau standard module:
    Option Explicit
  2. atau:
  3. Dari IDE VB6, klik menu Tools, lalu pilih Options, kemudian klik tab Editor dan beri tanda centang pada pilihan Require Variable Declaration. Hal ini secara otomatis akan menyisipkan pernyataan Option Explicit di modul apapun yang akan Anda buat, tapi tidak di modul yang sudah pernah dibuat; sehingga oleh karena itu, Anda harus secara manual menambahkan pernyataan Option Explicit kepada setiap modul yang terdapat di sebuah project.
Pernyataan Option Explicit ini pada hakekatnya untuk form atau standard module yang mengandung function SafeSqr, Visual Basic akan mengenali TempVal dan TemVal sebagai variabel yang belum dideklarasikan, lalu membangkitkan error untuk keduanya. Anda dapat mendeklarasikan secara eksplisit TempVal:
Function SafeSqr(num)
   Dim TempVal  'deklarasikan secara eksplisit   TempVal = Abs(num)
   SafeSqr = Sqr(TemVal) 'salah ketik TemValEnd Function
Sekarang Anda menjadi paham terhadap masalah yang muncul seketika, karena Visual Basic akan menampilkan sebuah pesan kesalahan untuk TemVal yang salah ketik. Karena pernyataan Option Explicit membantu Anda menangkap jenis kesalahan ini, maka sangat disarankan agar Anda menggunakan pernyataan ini di semua kode Anda.
Catatan: Pernyataan Option Explicit berlaku pada yang berbasiskan per-modul; dan dia harus ditempatkan di bagian Deklarasi atau paling atas dari setiap form, standard module, dan class module yang Anda inginkan supaya Visual Basic memaksa deklarasi variabel harus dilakukan secara eksplisit. Jika Anda memilih Require Variable Declaration dari menu Tools -> Options di IDE VB6, maka Visual Basic akan menyisipkan pernyataan Option Explicit di semua form, standard module, dan class module yang akan Anda tambahkan ke project Anda, tapi Visual Basic tidak menambahkannya kepada kode Anda yang sudah ada sebelumnya. Anda harus menambahkannya pernyataan Option Explicit secara manual ke modul apapun yang sudah ada sebelumnya di project tersebut.